Info Auto 2000 Frit band di kaca mobil, Jarang yang Tahu, Ini dia fungsinya

Bintik – bintik ini ada di kaca depan maupun belakang.

Saat sedang mencuci mobil , mungkin anda penasaran dengan adanya garis hitam dan bintik – bintik yang terdapat di kaca mobil. Tanda ini biasanya ada di tepi kaca, baik depan maupun belakang. Terkadang, tanda hanya berupa pita berwarna hitam saja. Namun pada beberapa mobil, ada juga yang dilengkapi dengan bintik – bintik.

Dilansir dari News Info 88, jumat 10 februari 2017, tanda tersebut bukan sekedar hiasan semata. Untuk mengetahui fungsinya, kita harus mundur beberapa puluh tahun. Zaman dulu, pabrikan mobil memakai karet untuk memasang kaca pada mobil. Karet tersebut berfungsi sebagai penahan, agar kaca tidak terlepas dari tempatnya.

Lalu pada era 1940 an, karet dianggap kurang mumpuni, karena kaca masih terus bergetar. Alhasil, produsen mobil memasang karet tambahan dengan warna krom sebagai penguat. Mulai 1960 – an, lem atau perekat di pilih untuk menahan kaca di bodi mobil. Sayangnya ,secara estetika, perekat terlihat kurang indah. Itu sebabnya, pabrik kaca mobil mulai menerapkan pita hitam di sekeliling kaca. Garis tersebut disebut dengan nama frit band.

Ada tiga fungsi fit band, yang pertama adalah untuk menutupi perekat yang terpasang di kaca. Fungsi kedua yakni sebagai perantara antara kaca dan perekat. Tanpa adanya frit, perekat sulit menempel di kaca. Fungsi ketiga yakni sebagai pelindung perekat dari sinar ultraviolet. Tanpa adanya frit band, perekat akan mudah rusak saat terus – terusan terpapar sinar matahari.

Selain pita hitam, beberapa frit band juga dibuat dalam bentuk bintik – bintik. Umumnya, bintik – bintik ini di tempatkan sesudah pita hitam. Meski tidak berada di area perekat kaca, namun bintik – bintik hitam ini memiliki fungsi yang tidak kalah penting.

Fungsi pertama sebagai pengurang distorsi, ketika kaca terpapar sinar matahari, suhu pada kaca yang di selimuti pita hitam jadi lebih tinggi ketimbang kaca bening yang ada di tengah. Hasilnya, perbedaan suhu, yang berakibat pada distorsi atau gangguan optik. Adanya gangguan ini bisa mengganggu pandangan ke arah luar. Untuk mengatasi hal tersebut , pabrikan kaca mobil memasang pita hitam dengan desain bintik – bintik.

Pola ini di pakai sebagai penyeimbang antara area dengan pita hitam dan kaca bening, sehingga distorsi dapat berkurang. Pada kaca depan, bintik – bintik ini juga ada tepat di tengah kaca bagian atas. Fungsinya yakni sebagai penahan silau sinar matahari. Posisinya berada di tengah, tepat diantara pelindung sinar matahari yang ada di kiri dan kanan ( Sun Visor )

Write a comment