Persiapan Sebelum Berkendara pada Musim Hujan

Mempersiapkan mobil menghadapi kondisi hujan harus dilakukan setiap saat, bukan hanya pada musim hujan. Dengan begitu, sewaktu-waktu air mengguyur mobil sudah siap menghadapinya.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan:

1. Pastikan kondisi wiper
Seiring umur pemakaian, karet wiper bisa menjadi kaku dan bergelombang. Hal ini menyebabkan sapuan wiper di kaca menjadi tidak sempurna dan justru mengganggu pandangan. Cek kondisi wiper dengan membasahi kaca depan dan menyapunya. Bila sapuan tidak sempurna, segera ganti dengan karet baru sesuai spesifikasi mobil.

2. Isi penuh air pembasuh kaca
Sebelum berkendara, pastikan air pembasuh wiper dalam keadaan penuh. Mencampurnya dengan sabun khusus pembasuh kaca juga bisa membantu menghilangkan lemak di kaca. Pastikan juga motor penggeraknya aktif dan bisa menyemprotkan air ke kaca.

3. Perhatikan kondisi ban
Saat hujan, alur ban akan bekerja membuang air ke samping supaya tidak terjadi gejala mobil mengambang di atas air alias aquaplanning. Makanya, pastikan kembang dan alur ban masih dalam kondisi baik, minimal memiliki ketebalan 50% dari baru.

4. Periksa kebocoran
Khususnya pemilik mobil berusia di atas 10 tahun, sesekali cobalah cuci mobil Anda di mesin pencuci otomatis. Dengan begitu Anda bisa melihat apakah terjadi kebocoran di celah kaca maupun bodi mobil. Bila ya, segera perbaiki supaya Anda tak kebasahan saat hujan lebat.

5. Periksa polis asuransi Anda
Pastikan kendaraan Anda telah dilindungi oleh jaminan kerusakan akibat banjir, karena sebagian dari kita belum mengetahui apakah kendaraan kita telah dilindungi oleh perluasan jaminan banjir atau tidak. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor cabang Asuransi Astra terdekat atau Garda Akses CALL 75 900/(021)75 900 900.

Sumber : asuransi astra

Write a comment